Custom Search

My Multiply

Friday, December 11, 2009

Senyum

Senyum dan tawa adalah bentuk perwujudan emosi kedua setelah menangis. Senyum dapat dimiliki oleh siapa saja, tidak pandang suku, ras,warna kulit, berpangkat, banyaknya deposito di bank, senyum adalah milik semua mahluk hidup terutama manusia. Hewan, mungkin menunjukkan senyumnya dengan bahasa mereka yang tentunya tidak bisa dimengerti oleh manusia. Senyum adalah hal mudah untuk dilakukan, tapi banyak orang enggan melakukannya.

Seseorang dengan senyum terpancar di bibirnya dapat membuat seseorang yang bertemu dengannya merasa gembira dan senang. Sehingga senyum dan tawa dapat menjadi obat melalui efek resonansinya. Orang yang mudah tersenyum, biasanya lebih mudah untuk bergembira. Orang yang memiliki senyum yang tulus dapat menularkan kegembiraannya kepada orang-orang di sekitarnya. Semakin banyak kita tersenyum spontan dan tulus, semakin banyak kita membagi kegembiraan kepada orang lain. Karena keceriaan, keramahan yang terpancar di wajah senyuman tulus, dapat menjadi obat bagi banyak orang juga bagi diri rendiri.

Cara terampuh dan berpengaruh dalam bersikap positif adalah dengan tersenyum. Senyum memiliki efek dalam pembentukan karakter seseorang. Seorang peneliti menemukan bahwa ada sekitar 400 otot tubuh yang bergerak saat seseorang tertawa atau tersenyum. Saat tersenyum ada sekitar 12 otot wajah yang bergerak, seperti 2 otot mata kiri dan kanan mengerut, dua otot sudut bibir kiri dan kanan tertarik, otot disekitar hidung, dua otot di sudut mulut bergerak naik dan dua otot lagi membuat bibir melebar. Sedangkan pada seorang yang suka cemberut hanya menggerakan 11 otot wajah.

Komponen Saat Tersenyum
- Memadukan gerakan otot-otot wajah
- Melakukan tarikan napas
- Menggerakkan pusat emosi-rasio di otak
Koalisi dari ketiga komponen yang terjadi saat tersenyum, mampu menghasikan efek yang sangat besar bagi tubuh dan jiwa sekaligus. Otot-otot yang terlibat terutama adalah otot yang melingkari mata dan bibir. Dua otot ini merupakan salah satu “penanda” ketuaan seseorang. Dokter ahhli kecantikan akan melakukan operasi pada pasiennya yang ingin terlihat muda. Apa yang dokter ahli kecatikan lakukan untuk merenovasi wajah agar terlihat awet muda? Dokter akan mengadakan reparasi otot-otot sekitar mata dan bibir dan beberapa tempat lain sekitar wajah dengan tehnik relaksasi dan kontraksi. Padahal tarikan (kontraksi) dan lepasan (relaksasi) otot-otot wajah dapat dilakukan secara gratis melalui senyum di bibir dan kegembiraan yang terpancar dari dalam hati.

Macam-Macam Senyum Dan Cara Kerja Otak
Otak Premotorik Bekerja Pada Senyum Kepura-Puraan/Kepalsuan
Otot-otot wajah menerima sinyal khusus dari otak untuk memerintahkan seseorang agar tersenyum. Seseorang yang tersenyum diplomatis-politis atau senyum yang dibuat-buat dan mungkin tidak tulus.
Senyum diplomatis-politis membuat zat stres, seperti kortisol dan adrenalin sedikit meningkat karena otak kita harus bekerja berat untuk menyesuaikan kepalsuan-kepalsuan yang dibuat. Efek yang terjadi otot-otot wajah bukannya rileks, tetapi tegang.
Contoh: Saat seseorang menyeringai atau saat seorang pemain teater terhebatpun takkan sanggup mengubah efek otak terhadap otot-otot wajah, pada kepalsuan dan kepura-puraan.

Otak Motorik Bekerja Pada Saat Tersenyum Sponta/Tulus
Otot-otot wajah bekerja saat seseorang tersenyum spontan dan tulus. Zat kimia yang dilepaskan sangat berbeda dengan berbeda dibandingkan dengan senyum yang tidak tulus.
Saat tersenyuman spontan dan tulus, zat kefalin dan endorfin yang dilepaskan.
Zat kefalin, laiknya obat penghilang nyeri. Zat endorfin, seperti morfin yang membuat kita gembira.
Efek tersenyum tersenyum kembali ke otak, kemudian merasuk ke dalam jiwa. Kegembiraan yang terpancar dengan spontan membuat wajah terlihat lebih segar.
Sedangkan, senyum diplomatis-politis membuat zat stres, seperti kortisol dan adrenalin sedikit meningkat karena otak kita harus bekerja berat untuk menyesuaikan kepalsuan-kepalsuan itu. Efeknya jelas: otot-otot wajah bukan rileks, tetapi tegang. Kita seperti menyeringai. Seorang pemain teater yang piawai sekalipun tidak sanggup mengubah efek otak terhadap otot-otot wajah jika itu sebuah kepalsuan dan kepura-puraan.

Manfaat Seyum Bagi Kehidupan:
1. Dengan Tersenyum Anda Akan Terlihat Lebih Menarik
Orang-orang yang banyak tersenyum memiliki daya tarik tersendiri.
Orang yangg suka tersenyum membuat perasaan orang-orang yang bersa disekitarnya nyaman dan senang.
Tetapi bagi orang-orang yang selalu merengut, cemburut, mengerutkan kening, dan menyeringai membuat orang-orang disekeliling tidak nyaman..
Dipastikan orang yang banyak tersenyum lebi memiliki banyak teman.

2. Senyuman Dapat Mengubah Perasaan
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa senyuman sangat mempengaruhi perasaan dan jiwa. Apabila perasaan sedang sedih, cobalah tersenyum!
Rasakan, senyuman yang anda keluarkan membuat perasaan menjadi lebih baik.

3. Senyum Dapat Menular
Anda tersenyum kepada orang-orang disekitar anda, saya dapat pastikan bahwa orang yang berada di sekita akan ikut tersenyum dan merasa lebih bahagia!
Saat perasaan anda sedang tidak karuan atau sedih, anda bertemu dengan seseorang yang memberikan senyuman tulus pada anda, padahal anda tidak mengenalnya. Ia tersenyum kepada anda, senyuman tersebut dapat membuat suasana hai menjadi lebih riang.

4. Senyum Dapat Menjadi Penghilang Stress
Senyuman dapat mengurangi stres dan membuat pikiran menjadi lebih jernih!
Ketika anda stres, luangkan untuk waktu untuk tersenyum, maka stres yang terpancar di wajah akan sirna secara perlahan.
Karena senyuman dapat menghilangkan mimik lelah, bosan, dan sedih, muak dan lain sebagainya!

5. Tersenyum Dapat Meningkatkan Imunitas
Sebuah penelitian mengenai senyum menggambarkan bahwa flu dan batuk bisa hilang dengan senyuman. Mengapa? Fungsi kekebatalan tubuh atau imun bekerja secara maksimal saat seseorang merasa rileks adalam keadaan rileks. Saat seseorang tersenyum, tubuh bekerja membuat dan menghasilkan sistem kekebalan tubuh atau imun untuk bekerja lebih baik. Bagi anda yang sering terserang batuk dan pilek tanyakan diri anda apakah senyuman selalu terpancar dari wajah anda?

6. Tersenyum Dapat Menurunkan Tekanan Darah
Penelitian terhadap senyum, mendapatkan hasil yang menunjukkan bahwa tekanan darah saat sesorang tersenyum lebih rendah. Tidak percaya? Segera ambil alat pengukur tekanan darah dan mulailah anda tersenyum dengan tulus dan lihat hasilnya. Kemudian pasang kembali alat pengukur tekanan darah dan mulailah anda marah-marah, coba perhatikan hasilnya. Dapat dipastikan bahwa tekanan darah akan meningkat saat anda dalam keadaan marah dan tekanan darah akan stabil atau rendah saat seseorang tersenyum.

7. Senyum Identik Dengan Obat Alami
Saat seseorang tersenyum, secara otomatis akan melepaskan 3 hormon pengendali rasa sakit yaitu, endorphin, pemati rasa alamiah, dan serotonin
Senyum diibaratkan semacam obat alami, karena saat seseorqg tersenyum secara otomatis tubuh menghasilkan endorphin,pemati rasa alamiah, dan serotonin yang dipercaya sebagai analgesik atau penghilang rasa sakit

8. Tersenyum Salah Satu Resep Awet Muda
Saat seseorang tersenyum hanya dibutuhkan 17 tarikan otot wajah. Sementara orang yang suka marah, suka cemberut, atau suka mengomel membutuhkan 32 tarikan otot wajah.
Senyuman menggerakkan banyak otot-otot wajah untuk rileks, sedangkan cemberut menengagkan 32 otot wajah untuk bekerja pangsa akibat ketegangan.
Tidaklah mengherankan seseorang yang suka tersenyum, terlihat lebih awet muda.

9. Tersenyum Simbol Kesuksesan
Seseorang yang membiasakan diri untuk tersenyum terutama, yang memiliki pekerjaan bertemu langsung dengan klien, biasanya akan lebih sukses, dibanding seseorang yang memiliki jenis pekerjaan yang sama, tetapi tidak pernah tersenyu atau jarang tersenyum. Senyuman yang terukir di wajah dapat memperlihatkan bahwa seseorang lebih percaya diri, dapat dipercaya dan diandalkan yang pasti akan lebih terkenal karena lebih banyak memiliki klien.

10. Tersenyum Memperlihatkan Seorang Pemikir Positif
Aktifitas yang terjadi pada tubuh saat seseorang tersenyum adalah bahwa tubuh akan mengirimkan sinyal "hidup adalah baik" ke dalam tubuh, dan tubuh akan menerima dan merespon sebagai "anugerah"!
Coba praktekkan tersenyum menjadi kebiasaan dalam keseharian anda.
Hadapilah segala yang dapatkan dengan seyuman setiap hari, karena senyuman tanpa kita sadari akan membersitkan sesuatu yang amat berarti bagi diri sendiri dan orang lain. Layaknya cinta dan semangat, senyum pun akan membuat hidup ‘lebih hidup’.
Sebuah penulis handal menuliskan "hati yang gembira adalah obat", tersenyum merupakan salah satu obat alami!

2 comments:

Quo said...

nice blog. visit my blog too

http://makeyourmotivation.blogspot.com/

thanks

Erna Yulia Tambunan said...

many thanks