Custom Search

My Multiply

Wednesday, December 9, 2009

Air Putih Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Tahukah anda bahwa manusia dapat bertahan hidup tanpa asupan makanan dalam beberapa minggu tetapi hanya dalam beberapa hari manusia akan mati tanpa air. Luckmann & Sorensen, Medical Surgical Nursing, hal.138 "Orang dewasa hidup tanpa ± 10 hari Anak-anak hidup tanpa ± 5 hari" Karena tubuh manusia terdiri dari 80% air atau 2/3 bagian dari berat badan manusia adalah AIR.
Air merupakan suatu zat yang sangat vital dan mempunyai peranan penting bagi kehidupan manusia dan mahluk hidup. Sebagian besar komponen tubuh manusia terdiri dari air. Sel dan jaringan bukan hanya mengandung air tetapi secara terus menerus diliputi oleh cairan. Tiap sel tubuh membutuhkan air untuk melaksanakan fungsinya seperti Pernafasan, pencernaan makanan, peredaran darah, pembuangan sisa-sisa makanan dan pergerakan tubuh akan bekerja dengan baik bilamana terdapat cukup persediaan air didalam tubuh. Merupakan sebagai pelumas tubuh dan melindungi jaringan-jaringan tubuh dari gangguan luka yang pada bagian luar tubuh.

Kandungan Air dalam Organ-organ tubuh manusia
Otot mengandung 75% air
Otak mengandung 85% air
Tulang mengandung 23% air
Darah mengandung 93% air

Khasiat air selain untuk menghilangkan dahaga, ternyata dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Air putih sangat mudah murah didapatkan memiliki pengaruh sangat penting bagi kesehatan tubuh.

1. Air Putih Sebagai Pencahar Bagi Saluran Pencernaan
Disebut sebagai pencahar, maksudnya adalah untuk memperlancar saluran pencernaan. Pencernaan makanan akan berjalan lancar apabila ada cairan dicampurkan pada makanan yang akan dicerna. Didalam mulut tersedia air ludah yang siap bercampur dengan makanan sebelum ditelan.
Bagi yang memiliki masalah tidak bisa buang air besar setiap hari. Coba tanyakan diri anda, sudah cukupkah asupan air yang dibutuhkan tubuh setiap hari?
Meminum air dalam jumlah cukup setiap hari dapat membantu memperlancar sistem pencernaan untuk bekerja secara efektif. Meminum air dengan jumlah yang dibutuhkan tubuh membantu pembakaran kalori berjalan dengan efisien.

2. Air Putih & Penyakit Kanker
Didalam lambung tersedia cairan getah perut yang akan bercampur dengan makanan untuk memudahkan sari-sari makanan diserap oleh usus. Didalam usus besar sisa-sisa makanan dibusukkan dan siap dibuang. Pembuangan sisa-sisa makanan memerlukan air untuk lancarnya jalan menuju anus (pembuangan)
Dengan mengkonsumsi air putih secara cukup bagi tubuh dapat membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, terutama kanker pencernaan. Usus yang bekerja mencerna makanan memerlukan pembuangan setiap hari. Apabila tidak melakukan tugas pembuangan berarti usus akan menyimpan sampah makanan yang seharusnya di buang dari dalam usus. Akibat tidak melakukan pembuangan bakteri dalam usus berkembang pesat sehingga memacu pertumbuhan sel kanker bertumbuh.

3. Air Putih & Sakit Ginjal
Dr. Wayne McFarlan dari Amerika Serikat mengatakan "Tubuh manusia memerlukan sebanyak ± 40.000 gelas air setiap hari / ± 9.500 liter air"
Ginjal, adalah suatu alat yang berfungsi untuk menyaring/filter semua cairan yang berada didalam tubuh, sehingga air dapat dipergunakan kembali oleh tubuh, dan manusia tidak perlu lagi minum air sebanyak jumlah yang banyak sesuai kebutuhan yang sangat besar. Ginjal dapat melakukan tugasnya menfilter cairan dalam tubu apabila memmiliki asupan cairan yang mencukupi kebetuhan tubuh.

4. Air Putih & Kesehatan Kulit
Apabila kekurangan asupan cairan akibat kurang minum air putih, kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Karena tubuh akan menyerap kandungan air dari dalam kulit, sehingga apabila kulit kekurangan cairan akan kurang elastis dan menjadi berkerut. Air putih dapat melindungi kulit dari luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit.
Mandi dengan air menjaga kecantikan dan kebersihan tubuh

5. Air Putih & Kesuburan
Sebuah penelitian yang dilakukan di London, Inggris, tentang fungsi hidrotherapy bagi kesehatan tubuh, menyimpulkan bahwa mandi air dingin kemudian air hangat, dingin lagi, kemudian air hangat, dapat melancarkan maka peredaran darah. Dengan lancarnya aliran darah di dlam tubuh maka tubuh akan terasa lebih segar dan bugar. Mandi dengan air dingin akan meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh serta meningkatkan kemampuan seseorang terhadap serangan virus. Bahkan, mandi dengan air dingin di waktu pagi dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita. Dengan begitu kesuburan serta kegairahan seksual pun akan meningkat.
Meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita.

6. Air Putih & Kesehatan jantung
Minum air putih sebelum tidur untuk membantu mencegah terjadinya stroke atau serangan jantung. Pada pengobatan altenatif banyak memanfaatkan kemanjuran air putih.
Tubuh akan menurun kondisinya bila kadar air menurun dan kita tidak segera memenuhi kebutuhan air tubuh tersebut. Kardiolog dari AS, Dr James M. Rippe memberi saran untuk minum air paling sedikit seliter lebih banyak dari apa yang dibutuhkan rasa haus kita. Pasalnya, kehilangan 4% cairan saja akan mengakibatkan penurunan kinerja kita sebanyak 22 %! Bisa dimengerti bila kehilangan 7%, kita akan mulai merasa lemah dan lesu.

7. Air Putih & Penderita Stroke
Efek panas menyebabkan pelebaran pembuluh darah (vasodilatasi) untuk meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenisasi ke seluruh jaringan, sehingga mencegah kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri serta menenangkan pikiran. Pada Hidrotheraphy menggunakan terapi air pans efektif untuk mengobati lumpuh, akibat stroke. Air dapat membantu memperkuat kembali otot-otot dan ligamen serta memperlancar sistem peredaran darah dan sistem pernapasan.
Kandungan ion-ion terutama khlor, magnesium, hidrogen karbonat dan sulfat dalam air panas, membantu melebarkan (vasodilatasi) pembuluh darah sehingga meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu pH airnya mampu mensterilkan kulit.

8. Air & Efek relaksasi
Sejumlah pakar pengobatan alternatif mengatakan, bahwa bersentuhan dengan air mancur, berjalan-jalan di sekitar air terjun, atau sungai dan taman dengan banyak pancuran, akan memperoleh khasiat ion-ion negatif. Ion-ion negatif yang timbul karena butiran-butiran air yang berbenturan itu bisa meredakan rasa sakit, menetralkan racun, memerangi penyakit, serta membantu menyerap dan memanfaatkan oksigen. Ion negatif dalam aliran darah akan mempercepat pengiriman oksigen ke dalam sel dan jaringan.Cobalah berdiri di bawah shower dan rasakan efeknya di tubuh. Pancuran air yang jatuh ke tubuh terasa seperti pijatan dan mampu menghilangkan rasa capek karena terasa seperti dipijat.
Ketegangan otot dapat dilegakan dengan mandi air hangat bersuhu sekitar 37 derajat Celcius. Untuk menghilangkan rasa pegal pada kaki dianjurkan untuk merendam kaki dalam air hangat dicampur sedikit garam.

10. Air Putih & Mempertahan Berat Badan
Air putih tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Minum air putih terbaik adalah pada suhu sedang, tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin. Apabila ingin menurunkan berat badan banyak-banyaklah minum air putih. Air putih bersifat menghilangkan kotoran-kotoran dari dalam tubuh, agar lebih cepat keluar lewat urine.

11. Air Putih & Tubuh Bugar
Kegunaan air selain membersihkan tubuh tetapi juga berkhasiat saja tapi juga sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh agar suplay oksigen lancar ke seluruh tubuh. Oksigen sangat diperlukan didalam darah untuk diteruskan kedalam setiap sel tubuh untuk pembakaran zat gula sehingga menghasilkan tenaga. Oksigen tidak akan dapat masuk kedalam darah bilamana tidak terdapat cairan didalam selaput dinding pemisah pada kantong - kantong udara

Tubuh manusia secara otomatis mempunyai mekanisme untuk mempertahankan keseimbangan asupan air yang masuk dan yang dikeluarkan. Rasa haus pada setiap orang merupakan mekanisme normal dalam mempertahankan asupan air dalam tubuh. Air yang dibutuhkan tubuh kira-kira 2-2,5 l (8 – 10 gelas) per hari.
Jumlah air yang menurun dalam tubuh dapat fungsi organ-organ tubuh juga akan menurun akan lebih rentan terserang bakteri, virus, dll. Asupan air dapat diperoleh dari hasil metabolisme makanan yang dikonsumsi dan metabolisme jaringan di dalam tubuh.

Buatlah minum air putih menjadi kebiasaan untuk mempertahankan kesehatan.

No comments: